Google Analytics: Pengertian, Fitur dan Fungsinya

Google Analytics: Pengertian, Fitur dan Fungsinya

Pemilik website website mengandalkan knowledge untuk menentukan cara paling baik melayani pengguna mereka dan Google Analytics adalah salah satu alat yang sanggup Anda manfaatkan untuk membantu memandu ketentuan usaha Anda.

Pada artikel ini, kita menyatakan cara kerja Google Analytics dan manfaatnya bagi usaha Anda secara mendalam, menjadi baca sampai selesai.

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah perangkat lunak pengumpul knowledge untuk website website yang membantu penggunanya menganalisis beraneka metrik, seperti lantas lintas web, prilaku pengunjung, dan statistik e-niaga. Metrik ini sering menjadi bagian dari siasat pemasaran digital bisnis.

Google Analytics banyak digunakan dikarenakan efisien dan enteng diintegrasikan bersama dengan produk Google lainnya tetapi sanggup digunakan terhadap platform desain website apa pun. Memulai Google Analytics semudah memasang kode JavaScript di header website website Anda, diikuti bersama dengan melihat dan mengunduh laporan metrik yang tersedia.

Opsi standar untuk Google Analytics saat ini gratis, tetapi Google Analytics 360 mempunyai fitur tingkat perusahaan dan berbayar.

Bagaimana Cara Kerja Google Analytics?

Langkah pertama untuk mengerti Google Analytics adalah mengakibatkan kode pelacakan untuk dipasang di website website Anda. Informasi ini tidak bakal nampak oleh pengguna akhir, tetapi bakal mengumpulkan knowledge mereka bersama dengan menyimpan cookie di browser mereka.

Ikhtisar awal

Ikhtisar awal Google Analytics menyatakan kepada Anda statistik dasar seperti: 

- Pengguna: Jumlah pengunjung unik ke website website Anda didalam jangka saat yang sanggup disesuaikan

-Pengguna aktif: Jumlah orang yang saat ini melihat website website Anda

- Sesi: Jumlah pertalian yang dilaksanakan penonton bersama dengan website website Anda, seperti mengeklik laman, jalankan pembelian, atau mengunduh file didalam jangka saat tertentu

- Bounce rate: Jumlah pengunjung yang mengklik “kembali” atau menutup jendela tanpa jalankan pertalian lainnya

- Durasi sesi: Jumlah saat rata-rata pengguna tetap berada di website website Anda

- Lokasi: Tampilan peta lokasi pengguna Anda selama jangka saat yang sanggup disesuaikan

- Sesi menurut perangkat: Grafik peringkat perangkat yang digunakan untuk berkunjung ke website Anda

- Pengguna berdasarkan waktu: Tampilan grafis hari dan saat pengunjung

Laporan

Bagian laporan Google Analytics menampilkan lima kategori yang merinci bagaimana pengguna berinteraksi bersama dengan website website Anda:

1. Realtime

Laporan ini menambahkan knowledge yang serupa bersama dengan “pengguna aktif” didalam ikhtisar: jumlah pengunjung saat Anda melihat laporan. Ini termasuk menggabungkan lokasi, penampilan halaman per menit, sumber lantas lintas, konten, konversi, dan peristiwa untuk memvisualisasikan efek dari sesuatu seperti penjualan atau peluncuran produk baru-baru ini.

2. Audiens

Laporan ini memecah statistik penonton Anda menjadi cermat yang lebih baik manfaatkan metrik seperti demografi, lokasi geografis, prilaku keterlibatan, dan penggunaan perangkat. Ini termasuk termasuk opsi untuk knowledge yang sanggup disesuaikan.

3. Akuisisi

Laporan ini menunjukkan bagaimana pengunjung menemukan website website Anda, termasuk rujukan, klik iklan, kueri penelusuran, penautan media sosial, dan kampanye tertentu. Ini terhitung pencarian organik, pencarian berbayar dan hasil sosial. 

4. Perilaku

Laporan ini menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi bersama dengan halaman di website website Anda melalui penampilan halaman total, penampilan halaman unik, seberapa sering dan kapan pengguna keluar, dan halaman yang paling sering dikunjungi. Bagan rangkaian prilaku merinci cara pengguna menavigasi di sekitar website Anda, termasuk cara mereka masuk, daerah mereka mengunjungi, dan cara mereka keluar. Tab “acara” termasuk menampilkan klik tombol, penampilan video, dan unduhan.

5. Konversi

Laporan ini menunjukkan berapa kali pengguna selesaikan suatu tindakan, seperti jalankan pembelian, mendaftar ke buletin email, atau mengunduh e-book atau video. Laporan konversi yang paling efisien barangkali butuh plugin khusus atau kode pelacakan tambahan.

Mengapa Google Analytics Penting bagi Bisnis?

Bisnis yang mengandalkan kehadiran digital untuk memperoleh pelanggan baru dan menjaga pelanggan yang udah ada butuh alat untuk menganalisis usaha pemasaran digital mereka.

Apa pun type konten yang di tawarkan website website Anda, prilaku dan pertalian pengunjung menunjukkan apakah konten Anda menarik atau berharga—dan apakah produk atau fasilitas Anda layak dibeli.

Fungsi Google Analytics

1. Mengukur dan mengoptimalkan kinerja website web

Metrik paling mendasar dari usaha pemasaran digital Anda adalah jumlah pengunjung ke website website Anda dan bagaimana jumlah itu cocok bersama dengan tujuan usaha Anda. Setiap titik knowledge prilaku di luar itu membantu Anda mempersempit dan memfokuskan dampaknya.

Data ini sanggup membantu Anda menganalisis tren halaman mana yang paling terkenal dan menguji apakah menambahkan konten serupa sanggup menjaga pengunjung dan mendorong lantas lintas baru.

Misalnya, kecuali Anda menjual e-book dan menemukan bahwa jumlah pengunjung halaman Anda terlampau berlainan dari penjualan yang diinginkan, Anda sanggup manfaatkan knowledge analitik untuk memindahkan tautan atau tombol ke unduhan untuk mempromosikan penjualan bersama dengan lebih baik.

2. Ini menentukan efektivitas siasat pemasaran Anda

Apakah website website Anda beberapa besar merupakan presentasi statis dari knowledge basic perusahaan atau Anda terus-menerus memproses konten baru, alat analitik sanggup membantu menentukan apakah duwit pemasaran Anda dihabiskan bersama dengan bijak—atau apakah Anda harus memfokuskan kembali usaha di daerah lain.

Beberapa poin knowledge paling basic sanggup membantu usaha baru membentuk siasat pemasaran digital mereka atau membantu usaha yang udah ada bersama dengan menjangkau lebih banyak klien potensial. Ini termasuk:

- Jumlah pengunjung

- Rata-rata saat pengunjung tinggal di halaman

- Situs website perujuk

- Minat (penelusuran kata kunci)

- Lokasi geografis

3. Ini mengarahkan ketentuan konten dan produk

Karena metrik membantu Anda mengerti cara pengguna berkunjung ke website Anda, metrik sanggup mengarah terhadap penyesuaian pengalaman mereka. Misalnya, kecuali pengunjung Anda yang paling sering berkunjung melalui perangkat seluler, Anda sanggup menentukan untuk memfokuskan beberapa besar anggaran desain website Anda untuk mengoptimalkan website Anda untuk pengalaman pengguna seluler.

Demikian pula, lokasi pengguna sanggup membantu Anda menentukan apakah Anda sanggup menjangkau lebih banyak pengunjung bersama dengan menawarkan konten Anda didalam bahasa tambahan.

Di segi konten, kecuali Anda menentukan untuk mentransisikan website website Anda menjadi beberapa besar video, metrik bakal menunjukkan seberapa sering video Anda ditonton dan apakah video selanjutnya ditonton sampai akhir, tak sekedar type pelanggan yang paling sering menontonnya.

4. meningkatkan penempatan halaman hasil mesin pencari (SERP)

Mendorong lantas lintas ke website Anda biasanya manfaatkan beberapa pendekatan seperti kehadiran media sosial, iklan konvensional, dan memaksimalkan hasil pengoptimalan mesin telusur untuk mendatangkan lebih banyak pengguna melalui penelusuran kata kunci.

Comments

Popular posts from this blog

8 Rekomendasi Penginapan di Singapura dengan Lokasi Strategis

Membuat Gambar Rumah Itu Gampang-gampang Susah

Info Harga dan Ciri-Ciri Kambing Boer Fullblood Asli [Lengkap] - Cianjur